Question : Apa itu PSRE berinduk?

Answer : PSRE adalah Badan Hukum yang berfungsi sebagai pihak yang layak dipercaya, yang memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik.


Question : Apa itu Digital Sertifikat ?

Answer : Digital Sertifikat adalah Tanda Tangan Elektronik dan Identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.


Question : Apa itu Tanda Tangan Digital ?

Answer : Tanda Tangan Digital adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat Verifikasi dan Autentikasi.


Question : Apa fungsi Tanda Tangan digital ?

Answer : Tanda Tangan Elektronik (TTE)  menggantikan fungsi tanda tangan basah pada dokumen elektronik karena tanda tangan basah tidak dapat memberikan kekuatan hukum pada dokumen elektronik. TTE merupakan pemungkin terselenggaranya sistem perkantoran pemerintah dan swasta tanpa kertas. TTE dibuat menggunakan Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) Indonesia. Implementasi TTE telah dilindungi oleh UU ITE Pasal 11 sejak tahun 2008. Dipercaya oleh Swasta, Pemerintah, dan Sistem Peradilan Nasional.


Question : Apa saja payung hukum untuk Tanda Tangan Digital ?

Answer : UU No.19 Tahun 2016 sebagai Perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik, Peraturan Pemerintah tentang PSTE No. 71 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik , peraturan kominfo no.11 tahun 2018 tentang informasi dan transaksi elektronik, Peraturan OJK No.77 tahun 2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.


Question : Berapa lama masa berlaku digital sertifikat ?

Answer : Masa berlaku sertifikat digital sesuai regulasi KOMINFO adalah 1 (satu) tahun terhitung sejak sertifikat elektronik diterbitkan.


Question : Bagaimana cara mengecek keabsahan dokumen digital / elektronik ?

Answer : Untuk mengecek kebasahan dokumen digital / elektronik dapat dilihat menggunakan signature panel pada aplikasi Adobe Reader, dan Kominfo juga memfasilitasi melalui website : https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF

Question : Apa itu LTV (Long Term Validation) ?

AnswerLTV (Long Term Validation) memberikan catatan status Sertifikat pada saat penandatanganan, yang berfungsi untuk memvalidasi sertifikat, waktu dan tanggal dokumen ditandatangani. Agar dokumen tersebut tidak terbantahkan, tanda tangan harus diberi stempel waktu/timestamp. Memverifikasi sertifikat memerlukan OCSP atau CRL agar Sertifikatnya tetap berlaku. 


Question : TékenAja! merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ?

Answer : TékenAja! oleh PT Djelas Tandatangan Bersama adalah perusahaan yang bergerak di Bidang Penyelenggara Sertifikat Elektronik Berinduk pertama di Indonesia yang mendapat lisensi penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk pemberian layanan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik.


Question : Apa Manfaat Menggunakan TékenAja! ?

Answer : Hemat Waktu, Hemat Biaya, Aman, Legal, Ramah Lingkungan, dan tidak lagi perlu menghabiskan waktu untuk mengirimkan dokumen. Tanda tangan elektronik TékenAja! dapat digunakan dimanapun dan kapanpun., Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mengirimkan dokumen, Tanda tangan elektronik TékenAja! menggunakan Metode Kriptografi Asimetris, sehingga confidentiality dari dokumen Anda sangat terjaga, Tanda tangan elektronik TékenAja! sudah mematuhi Peraturan Pemerintah 71 Pasal 53. Tanda tangan elektronik TékenAja! setara dengan tanda tangan basah yang sah dan mengikat secara hukum., Dengan menggunakan tanda tangan elektronik dari TékenAja!, Anda sudah mendukung go green karena sudah membantu mengurangi konsumsi kertas pada dokumen yang ditandatangani oleh tanda tangan basah.


Question : Bagaimanakah standar keamanan informasi aplikasi TékenAja! ?

Answer : TékenAja! sudah tersertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi standar internasional ISO 27001. Sertifikasi kami memastikan keamanan teknis, organisasi, dan operasional data Anda.


Question : Apa yang dilakukan TékenAja! jika terjadi kebocoran data?

Answer : TékenAja! memberikan garansi pembuktian di mata hukum.


Question : Dimana kami dapat menghubungi TékenAja! ?

Answer : Anda dapat menghubungi customer service kami melalui live chat yang tersedia pada website https://www.djelas.id


Question : Apakah antar PSrE dapat saling melakukan tanda tangan pada dokumen yang sama?

Answer : Dapat dilakukan jika PSrE sama - sama sudah berstatus berinduk ke KOMINFO.


Question : Apakah Saya Tetap Dapat Melakukan Tanda Tangan Jika Tidak Ada Jaringan Internet?

Answer : Tidak, karena link untuk dapat membuka dokumen yang harus ditandatangani akan dikirimkan melalui email ataupun sms.


  • No labels